Penyakit buah naga

Faktor Penyebab Penyakit Buah Naga dan Pencegahannya

Wisconsinavegiant.com – Setiap tanaman hampir semua memiliki potensi penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Termasuk dalam hal ini adalah dalam budidaya buah naga.

Pertanyaannya, apa saja penyakit yang biasa menyerang tanaman buah naga? Bagaimana pencegahan dan solusinya?

Berikut ini beberapa penyakit buah naga beserta cara pencegahannya:

Penyakit Buah Naga Layu Fusarium

Tanaman yang terserang penyakit ini memiliki Gejala tanaman buah naga menjadi layu dan busuk berwarna coklat . tanaman yang layu kemudian menguning dan akhirnya mengering.

Cara mengatasinya:

Lalu apa pengendaliannya? Solusinya secara teknis sederhana dengan mencabut tanaman buah naga yang terserang layu lalu dibakar. Tujuannya supaya tidak menular dan menjangkiti yang lain.

Pengendalian secara kimiawi bisa dilakukan dengan menyemprotnya dengan fungisida seperti benlate atau Derosol 60 WP pada bagian tanaman yang diserang. Dapat pula dengan melakukan penyiraman dengan menggunakan difolatan 0,2 % sesuai dosis yang dianjurkan.

Busuk Pangkal Batang

Tanaman Buah naga yang terserang penyakit ini diakibatkan oleh drainase yang buruk akibat genangan air. Biasanya menyerang di waktu musim penghujan.

Tanaman buah naga yang terserang akan mengalami pembusukan pada pangkal batang dekat permukaan tanah. Batang yang terserang tampak berair dan berwarna kecoklatan. Lambat laun tanaman buah naga akan mati bila tak segera ditangani.

Bagaimana pencegahannya?

  1. Bibit yang akan ditanam harus bebas patogen (penyakit) busuk batang.
  2. Kedua, membuat saluran drainase di sekeliling kebun agar air tidak tergenang dalam kebun.
  3. Ketiga, dilakukan pengolesan fungisida pada pangkal batang buah naga terutama di saat musim hujan. M
  4. usnahkan secepatnya bagian tanaman yang terserang penyakit ini.

Bagaimana pengendaliannya?

Secara kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida di bagian tanaman yang terserang penyakit ini. Fungisida yang dianjurkan antara lain Dithane M45 atau benlate 50 WP.

Busuk Bakteri

Penyakit ini bisa menyerang buah naga dengan kondisi layu, kusam dan berlendir, berwarna putih kekuningan pada sulur yang mengalami pembusukan.

Penyakit buah naga ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp.

Pengendaliannya adalah dengan mencabut tanaman yang terserang penyakit dan menggantinya dengan bibit baru yang sehat supaya tidak menular ke bibit buah naga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *